Minggu, 04 Maret 2018

Trik Pilih Macam Server yang Layak dengan Perusahaan Anda

Distributor Hewlett Packard SurabayaSaat mulai merintis bisnis startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal ini dapat menjadi satu elemen penting yang menentukan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Menurut yang semestinya dipikirkan saat pertama kali sebelum menentukan variasi server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk kebutuhan rumit, menengah, atau hanya dipakai untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa menentukan tipe server yang cocok untuk layanan  Anda.

Trik Pilih Macam Server yang Layak dengan Perusahaan Anda


Saat ini keperluannya, model server dibagi ke dalam 4 klasifikasi, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server model ini lazim diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diaplikasikan karena formatnya yang slim dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini sangat layak untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pengguna laptop antara 20 hingga 100 orang bisa menggunakan server model ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server model entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai energi cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara berbarengan. Server ini bisa melaksanakan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengontrol metode pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekspansi sehingga mampu menampung lebih banyak data dikala perusahaan berkembang dengan cepat. Beberapa, server model ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun demikian server macam ini mempunyai keunikan tersendiri kalau diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan macam ini tersambung pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu menggunakan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Jenis server ini sesuai untuk perusahaan kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, web informasi, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah macam server tertinggi. Server ini bisa menghasilkan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari seribu pengguna yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, bank, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server mampu bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi bisnis yang memakainya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang sanggup diandalkan setiap waktu.
Menentukan server yang pas akan berimbas pada daya kerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak bisa mengakomodasi pekerjaan pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi secara financial, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar