Minggu, 04 Maret 2018

Tips Pilih Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Harga Rack Server 20uSaat mulai merintis layanan startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal tersebut bisa menjadi satu elemen prioritas yang menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Berdasarkan yang harus dipikirkan saat pertama kali sebelum memilih jenis server yakni mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan dipakai untuk keperluan kompleks, sedang, atau cuma diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru dapat menetapkan model server yang tepat untuk bisnis  Anda.

Tips Pilih Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat klasifikasi, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server jenis ini umumnya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai karena bentuknya yang slim dan mudah dipasangkan pada rak server.
Macam server ini sangat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai pc antara dua puluh hingga 100 orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai kekuatan back up untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara bersamaan. Server ini bisa melaksanakan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengontrol metode pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekstension sehingga mampu tampung lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan besar. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun demikian server model ini memiliki keistimewaan tersendiri apabila dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan tipe ini tersambung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat menggunakan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka kalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini sesuai untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs informasi, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni jenis server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini memerlukan ruangan yang cukup lega dengan cara pendingin ruangan yang maksimal agar server mampu berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang menerapkannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang sanggup dipercaya setiap saat.
Memilih server yang ideal akan berpengaruh pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi pekerjaan pemakai atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini mampu mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar