Jumat, 23 Maret 2018

Metode Memilih Macam Server yang Cocok dengan Usaha Anda

Harga Server unbkPada saat mulai merintis layanan startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang seharusnya dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih jenis server merupakan mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diterapkan untuk keperluan kompleks, menengah, atau cuma diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memastikan tipe server yang cocok untuk layanan  Anda.

Metode Memilih Macam Server yang Cocok dengan Usaha Anda


Saat ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam 4 kelompok, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kesanggupan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server model ini lazim diterapkan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak digunakan sebab formatnya yang tipis dan mudah ditaruh pada rak server.
Macam server ini amat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai laptop antara 20 sampai seratus orang dapat memilih server tipe ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server model entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai energi cadangan untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani sebagian tugas secara berbarengan. Server ini bisa menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur sistem pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga mampu meyimpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh dengan cepat. Sebagian, server macam ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server belum memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meski demikian server macam ini memiliki keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Model desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat memakai suplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Macam server ini tepat untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, laman kabar, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan tipe server paling tinggi. Server ini mampu menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya digunakan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server model ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan cara pendingin ruangan yang optimal supaya server mampu berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang memakainya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu dipercaya setiap saat.
Memilih server yang pas akan berimbas pada performa usaha, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berpengaruh jelek, bisa berupa server yang tidak bisa mengakomodasi kerja user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini dapat mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar