Jumat, 16 Maret 2018

Tips Pilih Tipe Server yang Layak dengan Usaha Anda

Simplivity Hyper ConvergenceKetika mulai merintis bisnis startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor utama yang menetapkan keberhasilan bisnis Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang seharusnya dipikirkan saat pertama kali sebelum pilih ragam server yaitu mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk kebutuhan kompleks, sedang, atau sebatas diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa menentukan macam server yang layak untuk usaha  Anda.

Tips Pilih Tipe Server yang Layak dengan Usaha Anda


Saat ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam empat bagian, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari masing-masing server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini lazim dipakai dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diaplikasikan sebab formatnya yang slim dan mudah diletakkan pada rak server.
Jenis server ini amat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna pc antara 20 sampai seratus orang dapat menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spek dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server jenis entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai tenaga cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa menghandle beberapa tugas secara bersamaan. Server ini sanggup menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengontrol cara pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga mampu tampung lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh dengan besar. Beberapa, server macam ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server belum memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun begitu server macam ini mempunyai keunggulan tersendiri kalau dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan tipe ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat mengaplikasikan penyuplai kekuatan, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka apabila ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Jenis server ini tepat untuk perusahaan kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, laman informasi, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah model server tertinggi. Server ini sanggup menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari seribu pemakai yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya dipakai oleh usaha besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang maksimal supaya server mampu bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berimbas pada kinerja bisnis, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi kerja user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi dari sisi financial, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar