Minggu, 18 Maret 2018

Metode Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Perusahaan Anda

Distributor Hewlett Packard SurabayaDikala memulai merintis usaha startup jangan pernah meremehkan tentang pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal hal yang demikian dapat menjadi suatu elemen utama yang mempertimbangkan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang sepatutnya dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan jenis server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk kebutuhan rumit, sedang, atau cuma diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan model server yang layak untuk bisnis  Anda.

Metode Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Perusahaan Anda


Sekarang ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam empat kelompok, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari masing-masing server ini? Yuk Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini lazim digunakan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan karena wujudnya yang ramping dan mudah ditaruh pada rak server.
Model server ini amat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pengguna pc antara 20 sampai seratus orang bisa memilih server model ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server macam entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan suplai daya back up untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara berbarengan. Server ini mampu melaksanakan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengontrol cara pembagian data, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekspansi sehingga dapat tampung lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh dengan besar. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekstension untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun begitu server macam ini memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan macam ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat menerapkan penyuplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka jikalau ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Jenis server ini cocok untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, web info, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan jenis server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa menampung lebih dari seribu pemakai yang bergantung kepada database yang besar.
Server ini lazimnya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan metode pendingin ruangan yang optimal agar server dapat bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi bisnis yang menggunakannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat dipercaya setiap saat.
Memilih server yang tepat akan berimbas pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak dapat menampung kerja user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan usaha rugi secara financial, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar