Jumat, 23 Maret 2018

Trik Menentukan Jenis Server yang Cocok dengan Jasa Anda

Hewlett Packard indonesia DistributorKetika memulai merintis usaha startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal tersebut bisa menjadi satu faktor prioritas yang memastikan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Berdasarkan yang wajib dipikirkan saat pertama kali sebelum menentukan tipe server yakni mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diaplikasikan untuk keperluan kompleks, menengah, atau cuma diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan jenis server yang layak untuk layanan  Anda.

Trik Menentukan Jenis Server yang Cocok dengan Jasa Anda


Saat ini keperluannya, macam server dibagi ke dalam empat kelompok, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server macam ini biasanya digunakan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diaplikasikan karena formatnya yang tipis dan mudah diletakkan pada rak server.
Jenis server ini sangat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pengguna computer antara dua puluh hingga 100 orang bisa memilih server tipe ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai energi back up untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menghandle beberapa tugas secara berbarengan. Server ini bisa menjalankan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengontrol sistem pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga dapat simpan lebih banyak data ketika perusahaan berkembang dengan besar. Beberapa, server macam ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, meski demikian server model ini mempunyai keunggulan tersendiri kalau dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan tipe ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu memakai suplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka jika ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini cocok untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, website info, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah tipe server tertinggi. Server ini sanggup menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari 1.000 pengguna yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya dipakai oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal supaya server mampu bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berdampak pada daya kerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak menampung pekerjaan user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kekeliruan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi dari sisi financial, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar