Jumat, 16 Maret 2018

Trik Pilih Jenis Server yang Cocok dengan Jasa Anda

PC Server TerbaikKetika memulai merintis usaha startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diterapkan. Sebab hal tersebut dapat menjadi suatu unsur prioritas yang memutuskan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang mesti dipertimbangkan saat pertama kali sebelum menentukan macam server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diterapkan untuk kebutuhan kompleks, sedang, atau sebatas digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru dapat menetapkan jenis server yang sesuai untuk layanan  Anda.

Trik Pilih Jenis Server yang Cocok dengan Jasa Anda


Sekarang ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam 4 kelompok, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kemampuan dari tiap-tiap server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server macam ini lazim digunakan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak digunakan karena formatnya yang tidak memakan tempat dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini amat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat sentra data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pengguna laptop antara dua puluh hingga 100 orang dapat memilih server model ini. Midrange server memiliki spek dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server jenis entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai tenaga cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup menangani sebagian tugas secara beriringan. Server ini bisa melaksanakan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, memegang cara pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekspansi sehingga bisa menampung lebih banyak data saat perusahaan berkembang dengan pesat. Sebagian, server macam ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun demikian server model ini memiliki keunikan tersendiri kalau diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan tipe ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini bisa memakai suplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka apabila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Model server ini cocok untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, laman kabar, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah tipe server paling tinggi. Server ini sanggup menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari seribu user yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server model ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang optimal supaya server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang menerapkannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat diandalkan setiap waktu.
Menentukan server yang ideal akan berdampak pada performa perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak mengakomodasi kerja user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar