Jumat, 16 Maret 2018

Trik Pilih Jenis Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda

Distributor Hewlett Packard IndonesiaKetika memulai merintis layanan startup jangan pernah mengeyampingkan masalah pemilihan macam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal ini bisa menjadi suatu elemen penting yang menentukan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Menurut yang semestinya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum menentukan tipe server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan dipakai untuk keperluan kompleks, sedang, atau sebatas dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan jenis server yang sesuai untuk layanan  Anda.

Trik Pilih Jenis Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda


Saat ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam empat golongan, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari masing-masing server ini? Mari Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server macam ini biasanya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai sebab bentuknya yang slim dan mudah dipasangkan pada rak server.
Model server ini sangat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pemakai pc antara 20 hingga seratus orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spek dan kemampuan yang lebih bagus dibandingikan dengan server jenis entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai kekuatan back up untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa melakukan beberapa tugas secara beriringan. Server ini sanggup melaksanakan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, membatasi cara pembagian data, dan mengerjakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekspansi sehingga bisa meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang lebih besar. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun begitu server tipe ini memiliki kelebihan tersendiri apabila diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan macam ini tersambung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat memakai penyuplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya bila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Jenis server ini cocok untuk perusahaan kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs berita, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah model server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari seribu pemakai yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang optimal supaya server dapat berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang menerapkannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang tepat akan berpengaruh pada kinerja bisnis, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berakibat buruk, bisa berupa server yang tidak dapat menampung pekerjaan pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar